Sabtu, 18 Agustus 2018

11 TKJ Kompetensi Dasar 3 Administrasi Server

Kompetensi Dasar 3
Memahami prinsip kerja komunikasi client server

1. Jelaskan pengertian client server!
2. Buatlah blok diagram/ilustrasi tentang komunikasi pada client server!
3. Model/tipe dari client sever antara lain File Server, Database Server, Transaction Server, Groupware Server, Object Application Server, Web Application Server.
a. Apa yang anda ketahui tentang File Server?
b. Apa yang anda ketahui tentang Database Server?
c. Apa yang anda ketahui tentang Transaction Server?
d. Apa yang anda ketahui tentang Groupware Server?
e. Apa yang anda ketahui tentang Object Application Server?
f. Apa yang anda ketahui tentang Web Application Server?
4. Fungsi client server dalam konteks basis data, Server menerima dan memproses permintaan basis data kemudian mengembalikan hasil ke client. Proses-proses yang terjadi melibatkan pemeriksaan autorisasi, jaminan integritas, pemeliharaan data dictionary dan mengerjakan query serta proses update. Selain itu juga menyediakan kontrol terhadap concurrency dan recovery.
a. Apa yang dimaksud dengan pemeriksaan autorisasi?
b. Apa yang dimaksud dengan jaminan integritas?
c. Apa yang dimaksud dengan pemeliharaan data dictionary?
d. Apa yang dimaksud dengan mengerjakan query?
e. Apa yang dimaksud dengan proses update?
5. Sebutkan fungsi dari server!
6. Sebutkan fungsi dari client!

Protokol yang digunakan untuk komunikasi client server.
Pahami lebih lanjut tentang protocol-protokol yang sering digunakan untuk komunikasi client server di bawah ini, dengan menggali informasi dari internet, buku, majalah atau mass media lain.
1. TCP/IP 11. Telnet protocol
2. UDP 12. DNS protocol
3. Point-to-point protocol 13. FTP
4. Serial Line Internet Protocol 14. LDAP
5. ICMP
6. POP3
7. IMAP
8. HTTP
9. HTTPS
10. SSH protocol
Dikumpulkan dengan subject protocol client server, dan nama file
no-nama-protokol-client-server



JAWAB :

1. Client-server adalah suatu bentuk arsitektur, dimana client adalah perangkat yang menerima yang akan menampilkan dan menjalankan aplikasi (software komputer) dan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data, dan keamanannya.
(sumber : https://ardibay89.wordpress.com/server-dan-multi-user/pengertian-istilah-client-server)

2.

3. Tipe client server :
a) File Server adalah sebuah komputer terpasang ke jaringan yang memiliki tujuan utama memberikan lokasi untuk akses disk bersama , yaitu penyimpanan bersama file komputer (seperti dokumen, file suara, foto, film, gambar, database,dll) yang dapat diakses oleh workstation yang melekat pada jaringan komputer. (Sumber : https://www.linuxindo.com/solution/file-server/)

b) Database Server adalah sebuah program komputer yang menyediakan layanan pengelolaan basis data dan melayani komputer atau program aplikasi basis data yang menggunakan model klien/server.
(Sumber : scdc.binus.ac.id/himsisfo/2016/07/pengertian-database-server/)

c) Transaction Server adalah jenis server khusus yang mengelola operasi transaksi berbasis perangkat lunak atau pemrosesan transaksi.
(sumber : https://www.techopedia.com/definition/16211/transaction-server)

d) Groupware Server adalah komputer server yang digunakan sebagai koneksi untuk berbagai klien yang menggunakannya untuk host dan berbagi file sebagai bagian dari lingkungan kerja kolaboratif. (sumber : http://www.wisegeek.com/what-is-a-groupware-server.htm)

e) Object Application Server adalah aplikasi komputer yang berfungsi melayani permintaan akses dari komputer client.
(sumber : http://alingunawan.blogspot.co.id/2014/04/pengertian-dan-contoh-aplikasi-server.html)

f) Web Application Server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML.
(sumber : https://idcloudhost.com/pengertian-web-server-dan-fungsinya/)



4. Fungsi client server :
• Pemeriksaan Autorisasi adalah pemeriksaan ijin keamanan terhadap suatu user tertentu apakah ia boleh untuk memanipulasi suatu data
• Jaminan Integritas adalah jaminan konsistensi data terhadap semua status konstrain yang diberlakukan terhadap data tersebut, sehingga memberikan jaminan keabsahan data itu sendiri. Integritas data sangat erat kaitannya dengan keamanan keberadaan data, dimana dapat terjadi secara institusional atau asidental.
• Pemeliharaan data dictionary adalah perawatan, update dan backup terhadap suatu penjelasan tertulis tentang suatu data yang berada di dalam database.
• Mengerjakan Query adalah kerja dari server untuk menampilkan data dari database untuk diolah lebih lanjut yang biasanya diambil dari tabel tabel dalam database.
• Proses Update adalah proses yang diawali dari backup data dan dilanjutkan dengan pemutakhiran suatu software atau hardware yang diputuskan untuk diupdate setelah melewati beberapa pertimbangan

5. fungsi dari server: (http://imachubby.blogspot.co.id/2010/05/client-server.html)
• Menerima dan memproses basis data yang diminta dari client
• Memeriksa autorisasi
• Menjamin tidak terjadi pelanggaran terhadap integrity constraint
• Melakukan query/pemrosesan update dan memindahkan response ke client
• Memelihara data dictionary

6. fungsi Client : (http://imachubby.blogspot.co.id/2010/05/client-server.html)
• Mengatur user interface
• Menerima dan memeriksa sintaks input dari pemakai
• Memproses aplikasi
• Generate permintaan basis data dan memindahkannya ke server
• Memberikan response balik kepada pemakai
• Menyediakan akses basis data secara bersamaan
• Menyediakan kontrol recovery

Protokol yang digunakan untuk komunikasi client server. :

Jawab :
sumber:
(http://www.aldo-expert.com/blog-artikel/macam-macam-protokol-dan-fungsinya-di-jaringan-komputer.html)
(https://nakalay.wordpress.com/2013/10/05/jenis-jenis-protocol-dan-fungsinya-pada-jaringan-komputer/)

1. TCP/IP
Merupakan standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet.Fungsi TCP/IP untuk Jaringan Komputer, Semua komputer pada jaringan internet membutuhkan suatu kode unik yang disebut IP.



2. UDP
UDP, singkatan dari User Datagram Protocol, adalah salah satu protokol lapisan transpor TCP/IP yang mendukung komunikasi yang tidak andal (unreliable), tanpa koneksi (connectionless) antara host-host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP.



3. Point-to-Point protocol
Point-to-Point Protocol (sering disingkat menjadi PPP) adalah sebuah protokol enkapsulasi paket jaringan yang banyak digunakan pada wide area network (WAN). Protokol ini merupakan standar industri yang berjalan pada lapisan data-link dan dikembangkan pada awal tahun 1990-an sebagai respons terhadap masalah-masalah yang terjadi pada protokol Serial Line Internet Protocol (SLIP), yang hanya mendukung pengalamatan IP statis kepada para kliennya.

4. Serial Line Internet protocol
Serial Line Internet Protocol (juga SLIP) adalah enkapsulasi Protokol Internet yang dirancang untuk bekerja melalui port serial dan koneksi modem. SLIP adalah protokol TCP / IP yang digunakan untuk komunikasi antara dua mesin yang sebelumnya dikonfigurasi untuk komunikasi satu sama lain.

5. ICMP
Protokol ICMP (internet Control message Protocol) adalah protokol yang berbeda tujuan dengan protokol TCP dan UDP. Protocol ICMP digunakan oleh system operasi komputer jaringan untuk mengirim pesan kesalahan yang menyatakan keadaan dari komputer ataupun jaringan sebagai contoh penggunaan aplikasi ping yang mengirim pesan ICMP Echo Request dan menerima Echo Reply untuk menentukan komputer tujuan dapat dijangkau dan berapa lama paket yang dikirimkan dibalas oleh komputer tujuan. Protokol ICMP tidak digunakan secara langsung oleh apalikasi jaringan milik pengguna .

6. POP3
POP3 ( Post Office Protocol 3) protokol yang digunakan untuk mengambil email dari email server.

7. IMAP
Protokol IMAP (message Access Protokol adalah protokol untuk mengakses atau mengambil Email yang berasal dari server. IMAP mengijinkan pemakainya untuk memilihpesan Email yang akan diambil, membuat suatu folder deserver, mencari pesan dari email tertentu dan menghapus pesan Email yang ada.

8. HTTP
Protokol HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah protokol yang dipakai untuk transfer halaman web dan digunakan oleh WWW (World Wide Web). HTTP mengatur respon apa yang dapat dikerjakan oleh web server dan web browser atas perintah dari protokol HTTP.

9. HTTPS
Protokol HTTPS (Hipertext Transfer Protocol Secure) adalah versi pengamanan dari protokol HTTP. Protokol HTTPS digunakan untuk menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi dan penggunaan dalam komersial elektris. HTTPS memiliki port yaitu 443. Tingkat keamanan HTTPS tergantung juga pada ketepatan dalam mengimplementasikan browser web, perangkat lunak server dan didukung oleh algoritma penyandian yang aktual.



10. SSH Protocol
Protokol SSH (Sucure Shell) adalah protokol yang digunakan untuk mengendalikan computer dari jarak jauh untuk mengirim file, membuat Tunnel yang terenkripsi dan lainnya. Protokol SSH memungkinkan terjadinya pertukaran data secara aman antara dua komputer.

11. Telnet Protocol
TELNET merupakan kepanjangan dari Telecommuication Network yaitu sebuah protkol jaringan yang digunakan untuk koneksi internet atau LAN.

12. DNS Protocol
Protokol DNS (Domain Name System) adalah protokol yang digunakan untuk mencari nama komputer di dalamjaringan yang menggunakan TCP/IP. DNS bertugas memetakan host name sebuah kompuetr ke dalam bentuk Ip Address begitu juga sebaliknya dari Ip Address ke dalam bentuk host name.
13. FTP
Protokol FTP atau yang disebut File Transfer Protokol adalah sebuah protokol jaringan yang berjalan di dalam lapisan aplikasi dengan standar pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork. Umumnya FTP digunakan pada komputer Clien dan Server untuk komunikasi data. Fungsi lain Protokol FTP adalah untuk upload data, download data, kemananan didasarkan pada username dan password dan terkadang juga digunakan untuk anonymous untuk login.

14. LDAP
LDAP (Lightweight Directory Access Protocol) adalah protokol perangkat lunak untuk memungkinkan semua orang mencari resource organisasi, perorangan dan lainnya, seperti file atau printer di dalam jaringan baik di internet atau intranet. Protokol LDAP membentuk sebuah direktori yang berisi hirarki pohon yang memiliki cabang, mulai dari negara (countries), organisasi, departemen sampai dengan perorangan. Dengan menggunakan LDAP, seseorang dapat mencari informasi mengenai orang lain tanpa mengetahui lokasi orang yang akan dicari itu.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai