Kamis, 16 Agustus 2018

AWAS!! Bahaya Serangan Jaringan

Pengertian keamanan jaringan dan serangan fisik jaringan.

Nah Kali ini untuk pertama kalinya kita bahas tentang kemanan jaringan.
Apasih keamanan jaringan itu ?
dan bagaimana cara mengatasi sekaligus menganalisis nya ??
Simak baik baik artikel ini ya sobb :)

PENGERTIAN KEAMANAN JARINGAN
1. Keamanan jaringan adalah bentuk pencegahan atau deteksi pada hal yang bersifat gangguan dan akses yang tidak seharusnya ada pada sistem jaringan komputer.
2. Langkah-langkah pencegahan akan membantu menghentikan pengguna yang tidak sah, yang disebut “penyusup” untuk mengakses setiap bagian dari sistem jaringan komputer .
3. Tujuan Keamanan jaringan komputer adalah untuk mengantisipasi resiko jaringan komputer yang berupa bentuk ancaman fisik maupun logik, baik langsung maupun tidak langsung, yang mengganggu aktivitas yang sedang berlangsung dalam jaringan komputer.
4. Keamanan jaringan sangat penting dilakukan untuk memonitor akses jaringan dan mencegah  penyalahgunaan sumber daya jaringan yang tidak sah.
5. Tugas keamanan jaringan dikontrol oleh administrator jaringan.
6. Segi-segi keamanan didefinisikan pada kelima point di bawah ini :
a. Confidentiality (Kerahasiaan)
Confidentiality mensyaratkan bahwa informasi (data) hanya bisa diakses oleh pihak yang memiliki wewenang. Atau dengan kata lain obyek tidak dibocorkan kepada subyek yang tidak berhak terhadap obyek tersebut, hal itu disebut tidak authorize user.
b. Integrity (Integritas). Atau obyek tetap orisinil, tidak diragukan keasliannya, tidak dimodifikasi dalam perjalanannya dari sumber menuju penerima.
Integrity mensyaratkan bahwa informasi hanya dapat diubah oleh pihak yang memiliki wewenang.
c. Availability (Ketersediaan)
Availability mensyaratkan bahwa informasi tersedia untuk pihak yang memiliki wewenang ketika dibutuhkan. Atau user yang mempunyai hak akses atau authorized users diberi akses tepat waktu dan tidak terkendala apapun.
d. Authentication
Authentication mensyaratkan bahwa pengirim suatu informasi dapat diidentifikasi dengan benar dan ada jaminan bahwa identitas yang didapat tidak palsu.
e. Nonrepudiation
Nonrepudiation mensyaratkan bahwa baik pengirim maupun penerima informasi tidak dapat menyangkal pengiriman dan penerimaan pesan.
7. Saat komputer kita terhubung ke dalam suatu jaringan, baik jaringan kecil maupun besar, pasti terdapat ancaman/serangan yang akan menyerang komputer kita.
8. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati saat berkomunikasi menggunakan jaringan.
9. Salah satu tujuan utama dari pengendalian akses adalah untuk menjaga jangan sampai ada yang tidak authorize mengakses obyek seperti jaringan,  layanan , link komunikasi,  komputer atau sistem infrastruktur jaringan lainnya.


SERANGAN FISIK TERHADAP KEAMANAN JARINGAN

1. Kebanyakan orang beranggapan bahwa serangan terhadap keamanan jaringan cenderung pada non-hardwarenya saja, tetapi sebenarnya serangan tersebut bisa terjadi pada hardware juga.
2. Sebagai contoh, saat jaringan dihack oleh orang lain, maka software, baik data, file ataupun aplikasi yang ada akan rusak dan bisa juga menyebabkan hardware tidak bekerja secara normal.
3. Serangan fisik apa sajakah yang bisa membahayakan jaringan?
  • Pencurian perangkat keras komputer atau perangkat jaringan
  • Kerusakan pada komputer dan perangkat komunikasi jaringan
  • Wiretapping atau penyadapan
  • Bencana alam
  • Terjadi gangguan pada Kabel
  • Kerusakan Harddisk
  • Konsleting
  • Koneksi tak terdeteksi
  • Data tak tersalur dengan baik
  • Akses bukan pengguna yang terdaftar
Nah artikel tadi menjelaskan tentang keamanan jaringan, agar sobat sekalian bisa mengatasi dengan lihay cara mengamankan sebuah jaringan.

Jika ada pertanyaan bisa tanyakan :

FB            : Imam Hasanudin

Fanspage  : Sarjana TKJ

Youtube    : Sarjana TKJ

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai