Sabtu, 18 Agustus 2018

Layanan Layanan Pada Jaringan (pengertian,cara kerja, dan fungsinya)

Layanan-Layanan Jaringan


Jelaskan secara lengkap tentang (pengertian, tujuan, fungsi, sintax untuk konfigurasi servernya) :

1. DHCP pada linux (Debian) :
DHCP merupakan singkatan dari Dinamyc Host Configuration Protocol adalah sebuah layanan yang secara otomatis memberikan nomor IP kepada komputer yang memintanya. komputer yang memberikan nomor IP inilah yang disebut sebagai DHCP server, sedangkan komputer yang melakukan request disebut DHCP Client.

fungsi DHCP
fungsi DHCP ini adalah dapat memberikan nomor IP secara otomatis kepada komputer yang melakukan request.



2. DNS pada linux (Debian):

Domain Name System (DNS) adalah distribute database system yang digunakan untukpencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan TCP/IP(Transmission Control Protocol/Internet Protocol). DNS biasa digunakan pada aplikasi yangterhubung ke Internet seperti web browser atau e-mail, dimana DNS membantumemetakan host name sebuah komputer ke IP address.

Fungsi dari DNS adalah menerjemahkan nama komputer ke IP address (memetakan).Client DNS disebut dengan resolvers dan DNS server disebut dengan name servers.Resolvers atau client mengirimkan permintaan ke name server berupa queries. Name serverakan memproses dengan cara mencek ke local database DNS, menghubungi name serverlainnya atau akan mengirimkan message failure jika ternyata permintaan dari client tidakditemukan. Proses tersebut disebut dengan Forward Lookup Query, yaitu permintaan dariclient dengan cara memetakan nama komputer (host) ke IP address

Konfigurasi:
# nano /etc/network/interfaces
auto eth0
iface eth0 inet static
address 192.168.1.1
netmask 255.255.255.0
network 192.168.1.0
broadcast 192.168.1.255
gateway 192.168.1.1
nameserver 192.168.1.1
Masukkan dvd lalu install bind 9
# apt-get install bind9
Ketikkan perintah berikut untuk membuka file konfigurasi zone domain:
# nano /etc/bind/named.conf.default-zones
# ...
zone "sudoway.xyz" {
type master;
file "db.alamat";
};
zone "1.168.192.in-addr.arpa" {
type master;
file "db.ip";
};
...
# cp /etc/bind/db.local /etc/bind/db.alamat
# cp /etc/bind/db.127 /etc/bind/db.ip

# nano /etc/bind/db.alamat
$TTL 604800
@ IN SOA sudoway.xyz. root.sudoway.xyz. (
2 ; Serial
604800 ; Refresh
86400 ; Retry
2419200 ; Expire
604800 ) ; Negative Cache TTL
@ IN NS sudoway.xyz.
@ IN A 192.168.1.1
www IN A 192.168.1.1

# nano /etc/bind/db.ip
$TTL 604800
@ IN SOA sudoway.xyz. root.sudoway.xyz. (
1 ; Serial
604800 ; Refresh
86400 ; Retry
2419200 ; Expire
604800 ) ; Negative Cache TTL
;
@ IN NS sudoway.xyz.
1 IN PTR sudoway.xyz.

nano /etc/resolv.conf
domain sudoway.xyz
search sudoway.xyz
nameserver 192.168.1.1

# /etc/init.d/networking restart
# /etc/init.d/bind9 restart


3. FTP pada linux (Debian):

FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol yang merupakan protokol internet yang berfungsi untuk pengiriman paket data dalam jaringan komputer. Pengiriman data yang dimaksud adalah proses download maupun upload data dari dan ke jaringan internet. Proses tersebut biasanya dilakukan oleh FTP client dan FTP server.
Manfaat FTP (File Transfer Protocol) pada jaringan komputer:
- Dengan adanya FTP user dapat melakukan pertukaran file antar komputer dengan mudah dan aman.
- FTP dapat digunakan untuk melakukan backup dan restore data Website dengan mudah
- Dengan FTP memungkinkan transfer data yang reliable dan efisien.
- Dengan FTP user dapat melakukan indirect dan implicit remote computer.

4. NTP pada linux (Debian)
Network Time Protokol (NTP) adalah sebuah protokol yang dipakai untuk melakukan sinkronisasi waktu antar komputer dalam jaringan publik atau local. Sirikronisasi waktu ini sangat akurat karena sinkronisasi ini terjadi sampai 10 milidetik untuk jaringan internet dan bisa mencapai 200 mikrodetik dalarn jaringan lokal. NTP diatur hingga sedernikian rupa sehingga setiap server NTP terhubung dengan server NTP lainnya dengan jaringan hirarki . biasanya setiap server berada pada level tertentu yang disebut dengan stratum di jaringan hirarki berjenjang.
Pada Server Linux, proses yang terjadi dalam sinkronisasi waktu tersebut dilakukan oleh dua aplikasi berbeda yang fungsinya sebagai daemon dan klien. ntpd adalah aplikasi daemon sinkronisasi NTP, kalau ntpdate merupakan aplikasi klien untuk melakukan sinkronisasi NTP.
# apt-get install ntp ntpdate
# nano /etc/ntp.conf
Dari
server 0.debian.pool.ntp.org iburst
server 1.debian.pool.ntp.org iburst
server 2.debian.pool.ntp.org iburst
server 3.debian.pool.ntp.org iburst
Diubah menjadi
# server 0.debian.pool.ntp.org iburst
# server 1.debian.pool.ntp.org iburst
# server 2.debian.pool.ntp.org iburst
# server 3.debian.pool.ntp.org iburst
server 127.127.1.0
fudge 127.127.1.0 stratum 1

5. Mail pada linux (Debian)
A. Pengertian
Mail Server atau disebut juga sebagai e-mail server, digunakan untuk mengirimkan surat elektronik melalui media internet. Keberadaan email membuat pekerjaan pengiriman surat jadi lebih cepat dan efisien. Untuk membuat mail server harus terdapat SMPT (Simple mail Transfer Protocol) dan POP (Post office Protocol) yang digunakan untuk mengirim dan menerima surat elektronik.
B. Cara Kerja Mail Server
Proses pengiriman e-mail malalui tahapan yang sedikit panjang. Saat e-mail di kirim, maka e-mail tersebut disimpan pada mail server menjadi satu file berdasarkan tujuan e-mail. File ini berisi informasi sumber dan tujuan, serta dilengkapi tanggal dan waktu pengiriman. Pada saat user membaca e-mail berarti user telah mengakses server e-mail dan membaca file yang tersimpan dalam server yang di tampilkan melalui browser user.
C. Protokol yang umum digunakan antara lain protokol SMTP, POP3 dan IMAP.
• SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) digunakan sebagai standar untuk menampung dan mendistribusikan email.
• POP3 (Post Office Protocol v3) dan IMAP (Internet Mail Application Protocol) digunakan agar user dapat mengambil dan membaca email secara remote yaitu tidak perlu login ke dalam sistem shelll mesin mail server tetapi cukup menguhubungi port tertentu dengan mail client yang mengimplementasikan protocol POP3 dan IMAP.
D. Pada mail server terdapat 2 server yang berbeda yaitu :
• Outgoing Server (Sending email) : Protocol server yang menangani adalah SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) pada port 25.
• Incoming Server (Receiving email) : Protocol server yang menangani adalah POP3 (Post Office Protocol) pada port 110 atau IMAP (Internet Message Access Protocol) pada port 143.
E. Sintax
• apt-get install squirrelmail postfix courier-pop courier-imap
• nano /etc/squirrelmail/apache.conf

6. Web Mail pada linux (Debian)
A. Pengertian
Web Mail adalah Aplikasi Email berbasis web. Web adalah sebuah alamat situs internet. Jadi dengan kata lain sebuah email yang berada di dalam web, sehingga untuk membuka email tersebut, maka harus terlebih dahulu mengaktifkan alamat web yang digunakan membuat email tersebut.
B. Manfaat
Manfaat menggunakan web mail email yaitu email yang kita kirim akan dapat diakses dari mana saja. Berbeda jika kita menggunakan aplikasi lain seperti Outlook Express, Mozilla’s Thunderbird dimana email tersebut hanya dapat diakses dari komputer tertentu.
C. Cara Kerja
1. Saat kita mengirim email, maka email tersebut di simpan pada email-server menjadi satu file berdasarkan tujuan email yang berisi sumber dan juga tujuan, serta dilengkapi tanggal dan waktu pengiriman.
2. Pada saat kita hendak membaca email maka kita mengakses email server dan membaca pada file yang adalah milik kita dan berisi email untuk kita dan menampilkannya pada browser.
3. Pada email server terdapat dua server yang berbeda yaitu incoming dan outgoing server. server yang biasa menangani outgoing email adalah server SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) pada port 25 sedangkan untuk menangani incoming email adalah POP3(Post Office Protcol) pada port 110 atau IMAP (Internet Mail Access Protocol) pada port 143.
4. Saat mengirim email maka email anda akan ditangani oleh SMTP server dan akan dikirim ke SMTP server tujuan, baik secara langsung maupun melalui melalui beberapa SMTP server dijalurnya. apabila server tujuan terkoneksi maka email akan dikirim, namun apabila tidak terjadi koneksi maka akan simasukkan ke dalam queue dan di ‘resend setiap 15 menit’. Apabila dalam 5 hari tidak ada perubahan maka akan diberikan undeliver notice ke inbox pengirim.
5. Apabila email terkirim email akan masuk pada POP3 server atau IMAP server. jika menggunakan POP3 server maka apabila kita hendak membaca email maka email pada server di download sehingga email hanya akan ada pada mesin yang mendownload email tersebut, dengan kata lain kita hanya bisa membaca email tersebut pada device yang mendownload email tersebut. berbeda dengan POP3 IMAP server mempertahankan email pada server sehingga email dapat dibuka kembali lewat device yang berbeda .


7. Proxy pada linux (Debian)

A. Pengertian
Proxy server (peladen proxy) adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet. Proxy Server bertindak sebagai gateway terhadap dunia ini Internet untuk setiap komputer klien.
B. Tujuan
Proxy server yang berfungsi sebagai sebuah "agen keamanan" untuk sebuah jaringan pribadi, umumnya dikenal sebagai firewall.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai