Sabtu, 18 Agustus 2018

Pentingnya BACKUP dan RECOVERY pada server

Berikut admin sampaikan amteri artikel tentang pentingnya backup dan recovery sebuah server!



A. SEBERAPA SERING PERIODE BACKUP
Perusahaan besar itu sangat krusial dalam menerima berbagai serangan. Untuk itu perusahaan besar perlu pengamanan agar tidak terjadi kerusakan. Salah satu metode pengamanan adalah backup dan recovery. Biasanya backup dan recovery pada perusahaan besar itu dilakukan secara berkala tergantung dari kebutuhan perusahaan. Ada perusahaan yang membackup sehari sekali, karena perusahaan menghindari suatu masalah seperti padamnya listrik. Padamnya listrik itu bisa mempengaruhi data yang tersimpan, bahkan data tersebut bisa hilang.
Oleh karena itu, membackup dan recovery itu tergantung penggunaan suatu perusahaan tersebut. Jika perusahaan besar biasanya sehari sekali dan selama lamanya yaitu sebulan sekali.

B. APA SAJA YANG DI BACKUP
Perusahaan biasanya membackup data – data penting yang apabila hilang sangat membahayakan perusahaan. Karena data merupakan sesuatu yang sangat penting dan salah satu alasan adanya komputer adalah untuk mengolah data. Data harus bisa diselamatkan dalam kondisi bagaimanapun dan kapanpun.


C. MEDIA PENYIMPANAN YANG COCOK
Perusahaan besar biasanya menggunaka cloud sebagai media penyimpanannya. Namun Ingat cloud mempunyai keterbatasan, salah satu keterbatasanya adalah kecepatan jaringan. Apabila jaringan tersebut lambat, maka proses backup yang menggunakan disk berukuran ratusan GB akan sangat merepotkan. Disamping proses backup, proses recovery juga akan memakan waktu yang lama.
Jadi, sebelum memutuskan untuk menggunakan cloud, lihat dulu infrastruktur sistem. Apakah sudah mendukung untuk menggunakan jaringan internet, atau cloud sebagai media penyimpananya.

D. CARA MENGATUR MEDIA PENYIMPANAN
Cara mengatur media penyimpanan salah satunya adalah dengan mengamankan data backup. Data backup harus dilakukan sebaik mungkin, secara fisik maupun logik. Apabila memungkinkan, digunakan ruangan khusus untuk menyimpan media backup dilengkapi dengan keamanan dari api, air, suhu, penyusup dan berbagai macam pengganggu lainya. Lengkapi dengan peralatan keamanan seperti kapak, pemadam api, kamera CCTV, sensor panas, dsb.
Apabila data tersebut bisa dilakukan enkripsi, maka lakukan ekripsi terhadap data tersebut dan pastikan bahwa enrkipsi tersebut menjamin keaslian dan keamanan data.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai