Rabu, 21 November 2018

Pengertian dan Layanan IPTABLES Linux Debian

Iptables


Kembali lagi masih bersama Sarjana tkj, blog terfavorite sebagai refrensi anak TKJ. okeee,.. bagi kalian anak tkj maupun anak MM atau mulmed pasti mengenal dengan OS yang bernama Linux.?
Yap! OS open source ini memang tidak asing di telinga kalian. Tau kah kamu? akabila ada feature yang selalu melekat dengan Debian ?

Yoii! itu adalah Iptables..? hee? kalian belum paham ?? hehe :v mestinya iptables ini basic guyss.. untuk kalian pahami ketika menggunakan OS Linux.

Tapi tenang guyss.. admin akan bahas semuanya tentang Iptables. Yang semoga dapat membatu meningkatkan Pemahaman Anda sekalian.


Pengertian:

Iptables merupakan satu dari beberapa aplikasi firewall yang dapat dijalankan di Linux. Sebenarnya ada beberapa aplikasi firewall yang dapat berjalan di linux seperti, ipfwadm, ipchains, dan Iptables. Secara default Iptables ini sudah terinstall pada sistem operasi open sources, jadi kita tak perlu menginstallnya lagi.


Dalam pengaturan paketnya, ada 3 buah tabel paket yang terdapat pada Iptables, yaitu :

A. Tabel Filter

Tabel Filter ini merupakan tabel yang berkaitan dengan proses filtering paket. Tabel Filter ini terbagi menjadi 3, yaitu :
  • INPUT, Yaitu dimana kita bisa melakukan pemeriksaan terhadap paket network yang masuk atau bisa dikatakan untuk mengatur semua paket-paket masuk (incoming traffic)
  •  FORWARD, Yaitu titik dimana kita melakukan pemeriksaan terhadap paket yang hanya lewat pada sistem kita atau juga paket-paket yang diteruskan atau dirouting.
  • OUTPUT , Yaitu proses dimana kita melakukan pemeriksaan terhadap paket yang dihasilkan dan di keluarkan sebelum routing.

B. Tabel NAT

Pada tabel Nat ini, IPtables akan mengganti header paket, berupa source/destination IP address dan port. Nat ini terbagi menjadi 3 buah chain, yaitu:
  • PREROUTING chain , titik dimana kita bisa memanipulasi paket network sebelum dia memasuki keputusan routing, apakah di masuk ke sistem atau hanya lewat saja.
  • OUTPUT chain, yaitu titik dimana pemeriksaan terhadap paket network yang dihasilkan untuk dikeluarkan sebelum proses routing.
  • POSTROUTING chain , yaitu dimana kita bisa melakukan manipulasi terhadap paket yang akan keluar melalui sistem.

C. Table Mangle

Table ini digunakan untuk mengubah informasi paket, seperti Type Of Service (TOS), Time To Live (TTL) dan MARK (bandwitd limiting dan class based queuing). Tabel Mangle terbagi lagi menjadi 5 yaitu:
  • PREROUTING chain
  • INPUT chain
  • OUTPUT chain
  • FORWARD chain
  • POSTROUTING chain


kesimpulan:

Sebenarnya tugas dari ketiga 3 table tersebut sama, tapi yang bertugas sebagai filtering paket hanyalah tabel filter. sedangankan tabel NAT dan Mangle hanya sebagai pelengkap saja.



hmmm ? gimana guyss? apakah sudah paham mengenai iptables? Jangan sampai kamu pake OS linux , seri apapun. Tapi kamu tidak tau apa itu iptables!? kan kebangetan.
dan untuk kalian yang sudah tau jangan sombong!!
share artikel ini, dan kasih tau kerabat dan teman kalian biar ini menjadi amal jariah kalian.
semoga bermanfaat dan membantu kalian dalam mengerjakan tugas.
terima kasih. salam anak tkj!
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai