Senin, 24 Desember 2018

Tips ketika COD membeli HP Bekas sebelum anda menyesal!

Tips ketika COD membeli HP Bekas sebelum anda menyesal! - Artikel ini saya tulis setelah membaca tentang pengalaman para pengguna sosial media, terutama Facebook. Yang mengeluhkan banyaknya penipuan dengan berkedok berjualaan hp bekas. Penipuan ini tergolong sepele, yang kadang diakibatkan oleh kelalaian diri kita sendiri. Penipuan tersebut banyak kategori nya dan istilahnya. Berikut ini istilah yang sering disematkan di media sosial.



DiPHP, merupakan sebuah penipuan dengan cara mengatakan sudah siap atau sudah otw, bahkan mengatakan sudah sampai lokasi. Padahal Kenyataanya dia hanya berbohong. Dan ketika sudah kita datang dia Block WA / Facebook kita. 

Dibohongin, Biasanya pembeli dibohongin tentang kondisi barang / handphone yang akan pembeli beli. Misal dia bilang normal nominus, tapi setelah dicek handphone nya terdapat banyak minus. Atau hal hal yang tidak dijelaskan sebelumnya oleh penjual.

Dibohongin tapi karena kelalaian kita, nah kategori ini biasanya si pembeli tertipu karena dia mungkin kurang cermat membaca, atau lalai dalam pengecek an. Misal ternyata kelengkapan hp tersebut hanya hp+duss. Padahal di postingan fullshet kecuali cas dan hf. Nah .. letak penipuannya disini. Di kata Fullshet. Jadi, ati ati. anda harus Jeli!

Berdasarkan kejadian itu saya akan memberikan tips kepada kalian cara COD agar tidak merasa menyesal setelah sampai rumah. Sebelumnya silahkan minum kopi terlebih dulu :) .. heheh rileks gannn.. klik iklan juga boleh.

Berikut tips nya :
1. Perhatikan dan Baca Baik baik Postingan. 
Sebelum anda menghubungi si penjual. Alangkah Baiknya anda Membaca dengan baik postingan tersebut. Jangan sampai anda terkecoh oleh kata kata yang mengecoh. Baca lebih dari 1x agar anda menambah yakin tentang barang tersebut. Jika di dalam postingan belum tercantum Minus silahkan anda bertanya minus nya, Akan tetapi bila sudah ada jangan anda tanyakan. Namti si penjual akan marah ... wkwkwkwk. Sebaliknya juga, jika si penjual belum mencantumkan nomor handphone, anda juga bisa tanyakan. Jika sudah ada nomor handphone nya, anda bisa hubungi si penjual dan anda bisa melanjutkan ke step ke 2. yaitu menentukan tempat COD


2. Pilih Tempat COD yang nyaman.
Ketika kamu menghubungi si penjual, tanyakan dimana lokasi si penjual. Dan saya berikan rekomendasi tempat yang sangat aman dan nyaman untuk COD adalah dirumah di penjual. Tetapi jika anda menginginkan COD di tengah tengah lokasi antara penjual dan pembeli, maka anda seharunya memilih tempat tempat yang nyaman, tidak membuat anda tergesa gesa. Dan Jangan dipinggir Jalan. apalagi ditengah jalan.. bisa ketabrak elunya.
Berikut ini contoh tempat yang nyaman untuk COD :
  • Indomaret *recomended
  • Alfamart   *recomended
  • Pom Bensin / SPBU
  • Alun Alun
  • Taman Kota
  • Lapangan
  • dll
Dari sekian daftar tempat tersebut yang paling nyaman (recomended) yaitu indomart dan alfamart. Kenapa? karena disana anda dapat santai di ruang tunggu depan toko. Dan ada stop kontak untuk mencharger hp. sekalian untuk cek Handphone. oke bicara mengenai cek handpone yukk kita ke step tiga.


3. Cek Kondisi HP.
Cek kondisi hp ini ada trik nya hlo guyss.. yaitu pertama anda cek dulu bagian hardwarenya. Atau kondisi fisik luar dari handphone tersebut. Sudah sesuai dengan postingan atau belum. Bila anda COD di indomart atau alfamart. Silahkan anda cek dengan charger. Mencharger nya. Pastikan bahwa bisa di carger. Yang Kedua cek software nya guys. Ada beberapa tips nih cara cek software dan hardware hanphone. Pertama kita cek Imei, dengan cara *#06#  . Selanjutnya cek kamera, music dengan buka youtube, mic gunakan untuk telepon, dan lain sebagainya.


Yang Paling penting dalam step ini yaitu jangan malu bertanya. Next ke step empat.

4. Tanyakan Minus HP tersebut.
Ketika anda menanyakan tentang kondisi hp yang hendak anda beli. Meskipun si penjual sudah memposting minus. Hal ini wajib anda tanyakan kembali. Siapa tau ada minus lainnya yang disembunyikan.


Dengan anda bertanya seperti itu akan mengurangi kemungkinan anda Tertipu.

5. Ajak Teman
Tips Selanjutnya adalah, Keberanian. Kadang seseorang grogi jika bertemu dengan orang yang tidak dikenali. Maka dari itu solusi yang sangat tepat yaitu, ajaklah teman. jadi ketita anda COD minimal 2 orang. apabila terjadi hal hal yang tidak di inginkan anda memiliki seorang teman untuk membela diri dan sebagai saksi.

Tips in tidak diwajibkan. tetapi direkomendasikan. Jika anda cod di daerah daerah sepi. Apalagi di daerah rawan begal.

6. Tanyakan Identitas Penjual (opsional)
Apabila 5 tips diatas, Masih kurang atau masih belum membuat anda percaya terhadap penjual tersebut. Saya sarankan anda meminta identitas si penjual. bisa SIM kartu mahasiswa, atau kartu pelajar nya. Tetapi Jika anda sudah yakin tidak perlu meminta.

7. Jangan Lupa Bersalaman
Nah akhirnya sampai di bagian paling akhir yaitu bersalaman. Jika anda sudah Deal! maka anda hendaknya bersalaman. Manfaatnya? Jelas banyak sekali manfaat nya. Agar kamu nantinya tidak ada perasangka buruk. Dan jika itu dijawa itu merupakan nilai simbol yang baik. Jika anda tidak salaman setelah deal! maka anda akan dicap sebagai orang yang anti sosial.

Itutadi Tips dan Trik, untuk anda ketika Sedang COD. Selamat mencoba, Tetap waspada, Kejahatan terjadi karena ada kesempatan. Terimaksih. klik iklan yoiii.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai