Selasa, 01 Januari 2019

Arti Root HP, Fungsi, Manfaat dan Dampak Positif dan Negatifnya

Apa itu root HP? Manfaat dan akibatnya ? - kembali lagi dengan saya, dan kali ini saya akan menuliskan tentang apa itu root? Itu sering ditanyakan oleh pengguna smartphone android alhir akhir ini. Mungkin mereka sebagian sudah paham, dan sebagian lagi belum mengerti. Pengertian root, akibat dan manfaat root. Kenapa sih harus di root?. Pertanyaan semacam itu sangatlah populer dikalangan pengguna smartphone. Entah, mungkin mereka memang belum tahu ya guyss.. hahaha. Atau hanya mendengarnya dari temen temennya. Tapi santai sob.. kali ini saya akan kupas tuntas apa itu root? dan saya kupas juga tentang manfaat dan akibat positif negatifnya.

Perlu diketahui istilah root sendiri banyak pengertiannya. Karena istilah root tidak hanya digunakan di smartphone saja. Di beberbagai operating system pun menggunkan istilah root juga. Jadi kalian memang harus mengetahui root. Apalagi root mengenai android atau smartphone. okelah kita masuk saja ke pengertiannya dan penjelasannya, simak berikut ini:

Root adalah merupakan sebuah account yang dapat melakukan sesuatu command yang tidak dimiliki oleh account yang lainnya. Atau istilah lainnya root adalah account yang kemampuannya tidak dibatasi. Sehingga Root dapat mengubah, merusak, menghapus dan membuat system yang baru. Dimana hal tersebut tidak dapat kamu lakukan apabila handphone kamu masih dalam kondisi standard pabrik.

Fungsi root? Root sangat berfungsi bagi beberapa orang. Root dapat dianalogikan sebagai satpam dalam sebuah perusahaan. Root berfungsi juga sebagai keamanan. Sementari itu jika kalian melakukan root terhadap handphone kalian, maka kalian akan mendapatkan akses secara penuh kepada smartphone kamu. Jadi pada garis besarnya root biasanya berfungsi agar si user ini memiliki kemampuan maksimal, yang dapat mengubah, merusak, menghapus dan membuat system android.

Jika kalian ingin melakukan root di handphone kamu, pastikan kamu sudah mempertimbangkan hal hal diatas. Pahami juga bila anda melakukan root anda memiliki sisi negatif yang berdampak pada handphone kamu. Walaupun ada sisi positifnya juga. Yang terpenting sih, berpikir matang matang jangan sampai anda sudah terlanjur melakukan root kemudian anda menyesal. Di Unroot pun belum tentu pulih 100%. Karena pada dasarnya root tentu dilarang oleh provider android atau handphone.

Bicara mengenai dampak negatif dan positif, Berikut ini penjelasannya:
Keuntungan atau dampak positif :
1. Memiliki akses yang maksimal
Keuntungan dari melakukan root di handphone kamu nomor satu yaitu, memiliki akses yang maksimal, maksudnya kamu dapat melakukan hal hal yang tidak bisa anda lakukan sebelumnya. Akses tersebut yang biasanya selalu dicekal. Tetapi ketika anda melakukan root maka tidak ada pencekalan tersebut. Sehingga kamu dapat melakukan oprek di handphone kamu. Tetapi tetap harus bertanggung jawab dan hati hati. Demi keamanan handphone kamu agar tidak rusak. DWYOR!

2. Dapat memindahkan data aplikasi ke micro sd
Kadang kapasitas penyimpanan smartphone terasa penuh. Berapapun kapsitasnya pasti akan penuh. Hal tersebut diakibatkan banyaknya aplikasi yang terinstall sehingga memenuhi atau membuat penuh memori penyimpanan. Sehingga alternatifnya yaitu, memindahkan data aplikasi ke memori external. Atau sering disebut dengan MicroSD. Jika handphone kamu belum di root biasanya mendapatkan peringatan "failed" tetapi jika sudah di root. Maka kamu dapat memindahkan data tersebut dengan aman, dan menjadikan tempat penyimpanan internal kamu longgar lagi.

3. Dapat menghapus aplikasi bawaan
Yang ketiga ini banyak sekali dikeluhkan oleh pengguna android. Banyak yang mengeluhkan aplikasi bawaan handphone yang kurang bermanfaat atau bahkan jarang digunakan. Bahkan sama sekali tidak pernah digunkan. Tetapi aplikasi tersebut tidak dapat dihapus. Cara yang paling optimal yaitu dengan melakukan root pada handphone anda. Agar anda dapat menghapus aplikasi yang tidak berguna tersebut.

4. Dapat memiliki akses SuperSu
Apa kegunaan akses SuperSu ? biasanya SuperSu digunakan untuk melakukan hal yang sangan krusial. Yang biasanya dicekal. Tetapi dengan di root . Handphone anda memiliki akses SuperSu yang dapat melakukan hal yang dicekal tersebut. Misal anda memasang aplikasi yang dilarang oleh handphone anda. Jika anda memaksa memasang maka akan failed. Tetapi jika anda memiliki akses superSu maka tidak ada peringatan failed tersebut. Yang ada malah Sukses. Karena apa? karena handphone anda sudah ter root.

5. Dapat melakukan Unlock pada hp andromax
Salah satu keinginan user andromax adalah menggunakan provider lain selain smartfren untuk digunakan sebagai data internet. Karena itu banyak develop yang membuat sebuah cara agar andromax dapat diubah di unlock. Akhirnya banyak cara ditemukan. Dan salah satu syarat anda untuk melakukan Unlock handphone andromax anda adalah dengan melakukan Root terlebih dahulu. Agar dapat memiliki akses SuperSu

6. Kemampuan hp biasanya lebih cepat
Untuk yang satu ini masih menjadi perdebatan. Tetapi menurut saya, ketika handphone anda di root akan terasa lebih cepat dan smooth. Karena kan anda memiliki akses tak terbatas, sehingga anda memiliki kebebasan yang luar biasa. Yang mengakibatkan handphone kamu lebih smooth. Kata lainnya anda dapat merasakan handphone anda lebih cepat dan tidak lemot.

7. Bisa melakukan custom rom sesuka kamu
Jika anda sudah melakukan root anda bebas melakukan apa saja. Salah satunya yaitu melakukan oprek pada handphone anda. Bisa melakukan oprek dengan mengganti Rom yang ada. Misalkan handphone anda andromax anda bisa mengganti dengan Rom Miui atau sebagainya. Bebas sesuka anda, karena handphone anda sudah memiliki akses maksimal.

Kerugian atau dampak negatif:
1. Garansi Hilang
Perlu dipahami jika kamu melakukan root, sudah pasti garansi kamu akan hilang. Ya jelas lah! karena kamu sudah melakukan pemecatan pada satpam satpam di handphone kamu, alias kemanan handphone kamu sudah terbuka lebar. Dan itu membuat kerusakan yang dibuat oleh pengguna. Sehingga secara langsung garansi yang masih ada di handphone kamu langsung hilang dan tidak berlaku lagi.

2. Tidak dapat di Unroot
Untuk handphone tertentu, jika kamu sudah melakukan root kemungkinan untuk balik 100% seperti awal akan sulit. Walaupun anda flash berulang kali. Karena apa? karena didalam system andoid kamu sudah tertanam akses SuperSU yang tidak dapat dihapus atau diganti. Sehingga jika anda unroot atau anda flash pun biasanya masih memiliki akses SuperSu. Walaupun unroot atau flash tersebut telah sukses.

3. Sinyal hilang
Salah  satu akibat melakukan root yaitu kerusakan pada hardware. Biasanya menyerang pada IC PA yang menyebabkan hilangnya sinyal. Tetapi tidak semua sinyal hilang diakibakan oleh hardware. Kadang biasanya disebabkan oleh hilangnya baseband atau hilangnya nomor imei. Anda bisa cek nomor imei di *#06# . Nanti akan muncul nomor imei anda.

4. Mudah terserang virus
Jika kalian melakukan Root pada handphone kamu kekurangannya yaitu mudah terserang virus. Karena ketika anda melakukan root, itu sama saja anda memperlebar jalur virus untuk menyerang handphone anda. Solusinya yaitu anda memasang aplikasi antivirus yang mantab. Agar meminimalisir serangan virus.

5. Mudah terserang Malware
Perlu kamu ketahui jika anda melakukan root. Anda tidak akan bisa menggunakan handphone anda untuk e-banking dan lainnya. Karena handphone kamu rentan terkena malware. Jadi kemungkinan pihak bank akan menolak memberikan izin kepada pengguna handphone yang melakukan root pada handphone nya digunakan untuk memasang e-banking.

6. Bootloop
Ingat! hal yang sering terjadi ketika melakukan root adalah terjadinya bootloop. Atau handphone anda tidak dapat menyala sampai menu. Karena biasanya hal itu terjadi hilangnya data di system bulid.prop. Solusi dari bootloop adalah dengan flash handphone anda. Jika anda sudah membackup nya anda tinggal restore. Jika belum maka harus flash awal. Flash rom pabriknya. Makanya ketika anda melakukan Root harus teliti dan jeli.

7. Harga Handphone kamu jadi turun (minus)
Alasan terakhir anda harus memikirkan ketika melakukan root adalah, anda akan menemukan harga handphone anda lebih murah, karena dianggap telah minus. Ingat! karena root anda tidak dapat pulih 100%. Saran saya .. jika anda menginginkan harga handphone anda tetap stabil jangan melakukan root pada handphone anda. Sayangi handphone anda.
Itu tadi tentang pengertian root android, dungsi dan kelebihan dan kekurangannya. Sekiranya ada kurangnya saya mohon maaf. Semoga bermanfaat. Selamat membaca. Silahkan tinggal komentar kalian agar kami lebih bermanfaat mengupdate artikelnya.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai