Jumat, 04 Januari 2019

Cara Membedakan HP bootloop dan rusak emmc

Cara Membedakan HP bootloop dan rusak emmc - Sebuah judul yang cukup dicari oleh para bakul atau penjual hp. Hehehe Maklum lah karena para penjual hp ini sengaja mencari hp bootloop kemudian dibenarkan atau diservice atau hanya di flash dengan 4 file. Langsung bisa normal kembali!. Yak memang itu ada beberapa kriteria nya.. Tapi tidak semua hp memiliki masalah yang sama ya sobb. Ada hp yang hanya mengalami bootloop ringan, bootloop medium, maupun bootloop hard. Yang susah itu jika mendapatkan hp yang bootloop emmc kena

Nah karena itu saya akan share pengalaman saya selama berkecimbung didunia handphone. Walaupun mungkin disana masih banyak yang lebih paham mengenai handphone, Tapi juga tidak ada salahnya apabila saya memberrikan pengalaman saya tentang cara membedakan hp bootloop dan rusak emmc. Versi sarjanatkj.com .

Sebelum kita masuk ke inti, kita pahami bersama dulu apa itu arti Bootloop? Jangan sampai kamu bilang bilang dan koar koar mengenai bootloop tetapi anda tidak tau apa maksud dari bootloop.

Bootloop adalah suatu kondisi dimana hp atau handphone tersebut hanya bisa stuck di logo. Atau Hanya mentok di logo saja. Bootloop sendiri sangat familiar diantara para pengguna handphone, smartphone terutama bagi yang suka melakukan oprek oprek pada handphone nya. Ada beberapa penyebab Bootloop, Berikut ini penjelasannya :

1. Karena Menghapus Build.prop di dalam system
hahaha jika kalian orang yang suka oprek hp maka tidak asing dengan istilah Build.prop , Ya banyak yang mengatakan jika kalian mengubah tampilan dari build.prop maka hasilnya akan permanen. Yak! memang itu benar, Tapi sebagian orang yang hobi oprek hp tidak memahami bahwa jika kalian salah menulis ataupun konfigurasi dalam build.prop dapat menyebabkan bootloop. Karena system dalam sistem operasinya ada yang terhapus. Sehingga hp anda tidak dapat masuk kedalam home atau sistem operasi hp tersebut. yang mengakibatkan hp anda hanya dapat nyala sampai logo saja.



2. Karena sering digunakan untuk maen Game yang Berat
Banyak yang merasa bangga jika dapat memainkan game yang tidak sesuai speck hp nya. Padahal itu merupakan ancaman yang sangat besar. Karena dengan di pasang game yang berat yang tidak sesuai dengan speck maka, hp akan bekerja lebih extra dan emmc pun akan cepat lelah dan rapuh. Sehingga mengakibatkan lemahnya emmc. dan kemudian terserang Bootloop. 
Hanpir 90% jika bootloop yang terjadi akibat maen game maka dapat dipastikan emmc rusak atau emmc lemah.

3. Karena gagal Root
Gagal root merupakan salah satu penyebab bootloop. Kenapa karena root itu merubah dalam sistem android anda, Jika anda memaksakan root pada hp anda. Maka anda juga harus siap menanggung resiko bootloop.

4. Terlalu Lama dipakai
Terlalu lama dipakai dalam artian , hp anda selalu hidup. Bahkan dalam 1 bulan selalu standby tidak pernah sesekalipun di matikan. Hal tersebut juga dapat menyebabkan bootloop karena melakukan kerja rodi di dalam memakai hp. hehehe.


Setelah kalian baca mengenai penyebab bootloop, saya mengharapkan agar kalian tidak atau berhati hati saat menggunakan hp anda. Gunakan seperlunya sesuai dengan speck hpmu. Oke sekarang kita bahas bedanya Bootloop dengan rusak emmc.

1. Kondisi Bootloop
  • Masih bisa di cas
    Ketika hp anda bootloop, coba untuk dicas. Apabila ketika dicas masih masuk dan ada indikator nyala mengisi. Maka dapat dipastikan hp kamu dapat diselamatkan dari rusak emmc. Alias hanya di flash pun bisa. Jika membandel di flash dengan menggunakan 4 file.
  • Masih masuk logo ke-2
    Pada umumnya smartphone android memiliki 2 logo, yang pertama logo brand, yang kedua logo seri nya. Misal Xiaomi, maka logo pertama yaitu logo Mi ditengah, nah jika posisi hp kamu beradao di logo ke 2. Maka dapat dipastikan 50%++ masih aman dari rusak emmc.
  • Belum lama kejadiannya
    Lama kejadian juga mempengaruhi kondisi emmc. Apabila kondisi emmc sudah lama bootloop maka akan mempercepat rusak emmc. Maka dari itu apabila hp anda botloop segera langsung di flash saja. Atau dibawa ke konter terdekat untuk di service. Sebelum emmc anda rusak.
2. Kondisi rusak emmc
  • Tidak bisa Dicas
    Kondisi yang ini ketika dicas, biasanya hp hanya mucul logo saja. Tidak menandakan ada nya pengisian pada hp. tidak ada gambar mengisi baterai. hal itu bisa dipastikan rusak emmc, atau lemah dibagian emmc.
  • Hanya sampai logo pertama
    Jika hp anda hanya sampai logo yang pertama, maka dipastikan hp anda berkemungkinan kena bagian emmc. Karena jika logo pertama itu rusak pada bagian hardware. Tetapi tidak salah juga jika anda coba untuk di flash terlebih dulu.
  • Tidak dapat masuk mode download
    jika kondisi sudah tidak dapat masuk mode download, anda masih bisa mengakali dengan mode 9008, atau dipaksa dengan menggunakan usb-jig untuk hp samsung. Tetapi jika anda masih gagal atau sama sekali tidak dapat masuk ke mode download. Maka dipastikan anda harus merogoh gocek dalam dalam karena kemungkinan rusak emmc nya.
  • Tidak dapat masuk mode recovery
    sama dengan diatas, jika anda tidak bisa masuk mode recovery anda msih bisa melakukan flash dengan mode download. 

  • Tetapi biasanya ketika wipe data di mode recovery saja gagal. Maka kemungkinan hp tersebut terkena bagian emmc. Atau rusak emmc nya.

  • Bootloop karena maen Game
    seperti penjelasan sebelumnya. Jika hp tersebut bootloop dikarenakan maen game. Maka dipastikan kemungkinan Emmc kena. Karena bermain game di hp, apalagi yang berat berat dapat merusak kinerja emmc. karena memaksa emmc kerja secara extra, diluar kapasitasnya.
    Misal, ketika kamu maen game kemudian blank. karena kamu gak sabaran kemudian kamu melepas baterai secara paksa. Nah bila dihidupkan kembali menjadi bootloop maka bisa dikatakan itu akan kena emmc nya. haha hahaha analisis saya seperti itu sesuai dengan penjelasan sebelumnya.
  • Ketika dihidupkan cepat panas
    coba cek ketika bootloop cepat panas atau tidak. Jika cepat panas maka dapat dipastikan kena emmc nya. Jika tidak kena emmc maka ada konslet. di hp tersebut. segeralah bawa ke konter terdekat. Jangan anda lakukan pembongkaran sendiri. Daripada nanti malah hp kamu sama sekali tidak nyalah,. hahaha serahkan pada konter saja.

Itu lah tadi kondisi cara membedakan hp bootloop dan rusak emmc. Semoga dapat menambah wawasan untuk kita semua. Dan menjadikan pelajaran agar lebih berhati hati dalam menggunkan perangkat berupa handphone. Jangan lupa share agar atikel ini bermanfaat bagi orang lain. silahkan komentar dengan bijak. Dan tanyakan jika memang perlu ditanyakan. akan kami bantu jawab sesuai dengan kemampuan kami.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai