Rabu, 02 Januari 2019

Program C++ : Program Penghitung Usia

Cara Menghitung usia seseorang dengan bahasa pemrograman c++ - Bahasa pemrograman C++ memang bahasa yang sangat digandrungi bagi para pemula. Karena masih menggunkan logika yang mudah dipahami dan mudah dimengerti. Bahkan dalam beberapa riset, bahasa pemrograman c++ menempati di dalam 5 (lima) bahasa pemrograman terfavorite. Seperti siswa tkj misalnya, mereka akan mendapatkan materi bahasa pemrograman c++ di dalam materi pemrograman dasar. Banyak sekali materi tentang bahasa c++ ini. Tapi bagi anak tkj wajib hukumnya untuk memahami bahasa C++ walaupun  masih banyak bahasa pemrograman yang lainnya.



Kali ini saya akan menuliskan sebuah artikel yang saya buat berdasarkan praktek materi tadi, saat pelajaran di sekolah. Yaitu mengenai data string. Tapi kali ini saya akan membuat pemrograman yang mudah dan dapat diterapkan langsung oleh pemula. Yak! kali ini saya akan membuat program penghitung usia seseorang. 

Bicara mengenai program penghitung usia seseorang, modal awal yang perlu kita pahami adalah logika terhadap program tersebut. Kenapa logika ? bisa baca disini nih di artikel sebelumnya.

Berikut ini logika program penghitung usia dengan bahasa pemrograman C++ :
Logika merupakan dasar kamu untuk membuat sebuah program, logika bisa anda tuangkan dalam model sketsa, ataupun flowchart atau algoritma. Kalau saya lebih sering menggunakan metode algoritma, karena lebih simple dan mudah dipahami. Jika kamu ingin pakai flowchart silahkan gambar dengan baik, jangan sampai salah dalam memberikan simbol. hehe.. tapi saya pake algoritma, berikut algoritmanya :

1. Start
2. Input data 1
3. Input data 2
4. output
5. output
6. proses
7. print data
8. finish

Setelah kamu pahami dengan baik logika algoritma diatas, kamu bisa mulai membuat atau menyusun program kamu. Dalam menyusun program kalian harus benar benar teliti dan jeli. Karena apabila ada kesalahan sedikitpun dapat berakibat fatal, misalkan kalian melupakan menulis tanda "," , ";" "/" "}" . Walaupun itu hanayalah sebuah simbol tapi sangat fatal. Jika hilang satu maka tidak dapat berlajan program tersebut.

Berikut penampakan dari program yang saya buat:

#іnсludе <іоѕtrеаm> 
#іnсludе<ѕtdlіb.h> 

uѕіng nаmеѕрасе ѕtd; 

mаіn(){ 
сhаr tahunini [5] ; 
сhаr lаhіr [5] ; 
іnt ѕum; 

cout<<"masukkan tahun sekarang"<<endl; 
сіn>>tahunini; 
соut<<"mаѕukkаn tahun lаhіr"<<еndl; 
сіn>>lаhіr; 

sum = atoi(tahunini)-atoi(lahir); 
соut<<"umur anda ѕеkаrаng аdаlаh : " ; 
соut<<ѕum<<еndl; 

return 0; 


Seperti yang sudah anda lihat, bahwa program diatas menggunakan data atoi. atoi digunkan untuk menyimpan data berupa angka. Jika kita lihat disana sebenarnya proses nya sangat mudah, user diminta untuk memasukkan data tahun sekarang, yang kemudian diseimpan dalam char tahunini. Kemudian user selanjutnya diminta memasukkan data tahun dia lahir, data tersebut kemudian masuk ke char lahir. Setelah sudah ada dua data dalam program tersebut yaitu tahunini dan lahir. Maka untuk menemukan Usia seseorang kita menggunkan system penjumlahan sum. Yaitu kita mengurangi tahunini dengan tahun lahir. Dalam pengurangan tersebut kita menggunkan atoi yang digunakan untuk memudahkan saat pengurangan dan pengelompokkan data.

Setelah proses pengurangan menggunkan sum dan atoi. Kemudian proses selanjutnya yaitu output atau menampilkan "umur anda sekarang adalah : " yang kemudian di tampilkan hasil daripada sum sebelumnya. Didalam program tersebut jika anda sudah menuliskan dengan benar maka tidak akan error, tetapi jika anda salah makan akan muncul log error.

Tips ketika menemukan Error di program di atas :
1. Baca Log Error
Cara satu ini memang sangat mendasar dan penting bagi seorang programmer. Karena disetiap sebuah aplikasi pembuat program pasti memiliki fasilitas untuk menampilkan log error. Misalnya dev c++ yang saya pakai. Jika program tersebut Error pasti akan keluar log error dibagian baris kolom pada layar program. Dan biasanya diberi block warna merah agar memudahkan saat mencari error nya.
Yang kedua yang wajib yaitu bersabar. sangat diperlukan sebuah kesabaran dalam mengerjakan program ini. Karena sifat manusia apabila tidak bersabar maka akan grusa grusu yang menyebabkan program tidak segera beres malah bisa bisa menambah pekerjaan. Karena banyak sekali kejadian ketika anda melakukan troubleshooting bukannya selesai tetapi malah menambah error. Luar biasa kekuatan sabar ini saat membuat sebuah program.

3. Teliti
Yang kedua adalah teliti. kenapa kok harus teliti? ya karena teliti merupakan sebuah salah satu cara agar anda cepat mengatasi program diatas. Tetapi menurut saya sih program diatas masih sangat kelas mudah. Jadi tidak perlu lah sampai kalian berpusing pusing. hehe..

4. Jangan lupa di Compile.
Ini juga penting broo.. saya pernah menemukan error sudah saya perbaiki berulang kali tetapi tetap error.. Ternyata saya lupa belum meng compile ;V wkwkwk.. benar sekali broo.. jangan sampai kejadian yang saya alami ini juga kamu alami.

5. Save program secara bertahap.
Apa gunanya? gunanya agar kalian dapat memantau sampai mana perkembangan program yang anda buat. Kenapa? agar anda dapat melakukan perbaikan seketika itu juga ketika menemukan error. Jadi lebih mudah dan tidak pusing

Dan yang paling terpenting sih bagi saya yaitu tetap berusaha dan pantang menyerah. Karena belajar pemrograman itu tidak bisa instan. Bagaikan bermain game mobile legend. Yang kalian bermain seharian pun bisa langsung memahaminya. tetapi pemrograman ini berbeda. kalian harus berlatih dan belajar setiap hari satu demi satu, helai demi helai. Ketika anda bersusah payah dalam menempuh sesuatu. Dan ketika anda sudah berhasil dan sukses dengan apa yang anda kerjakan dengan sungguh sungguh. Maka akan mendapatkan rasa puas dan keberkahan. Apalagi jika anda niatkan belajar untuk beribadah.. Maka akan mengalir terus pahalanya. Dan ditambah ilmu ini selalu kamu ajarkan kepada orang lain dan orang lain tersebut menjarkan pada yang lainnya.. Maka itu menjadi sebuah amalan tersendiri. jadi silahkan share artikel ini semoga kita menjadi termasuk dalam rantai pahala yang terus mengalir dengan amal jariyah sampai mati nanti.. aamiin. Silahkan sahre!

Itu tadi program penghitung usia yang simple dan mudah. Semoga apa yang saya tulisakan dapat bermanfaat buat kalian semua. Selamat membaca dan Belajar . Salam Literasi!

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai